Flash News
No posts found

Didesak Mobil Damkar Tiap Kecamatan, Bupati Beri Jawaban

Deretan mobil Damkar Pemkab Rembang.

Deretan mobil Damkar Pemkab Rembang.

Rembang – Armada pemadam kebakaran (Damkar) rencananya akan ditempatkan di tiga wilayah tahun 2017 mendatang. Diantaranya Rembang bagian timur, Rembang bagian tengah dan Rembang bagian barat.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat menanggapi usulan Syafi’i warga desa Kenongo Kecamatan Sedan ketika forum dialog Bupati bersama masyarakat Kecamatan Sedan di pendopo kecamatan setempat, Senin (14/11/2016). Dalam kesempatan itu, Syafi’i meminta mobil Damkar ada di setiap kecamatan, guna mempercepat pelayanan. Ia mengumpamakan petugas Damkar seperti polisi India. Baru tiba ke TKP, setelah api padam.

Abdul Hafidz menanggapi jika di setiap kecamatan ada satu unit Damkar, untuk sekarang tidak efektif. Dengan enam armada Damkar yang saat ini dimiliki Pemkab Rembang, akan lebih tepat disebar ke tiga titik. Jika dilakukan penambahan unit mobil pemadam, muncul masalah baru, terkait keterbatasan personel. Perekrutan tenaga sumber daya manusia (SDM) pegawai sulitnya bukan main, mengingat belum ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Bupati menambahkan penempatan mobil Damkar nantinya di wilayah timur, bisa siaga di antara kecamatan Kragan atau Sedan, kemudian kecamatan Rembang untuk di bagian tengah. Sedangkan di kecamatan Kaliori atau Sumber, untuk area bagian barat.

Dengan strategi penempatan semacam itu, Bupati optimis penanganan musibah kebakaran akan lebih optimal. Pasalnya sering kali petugas pemadam kebakaran terlambat tiba di lokasi kebakaran, karena posisinya terlalu jauh dengan pos jaga pemadam, yang sementara terpusat 1 titik, yakni di sebelah utara kantor kecamatan Rembang Kota. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *