Flash News
No posts found

Swasembada Daging, Pemkab Dukung Strategi Upsus Siwab

Bupati Rembang, Abdul Hafidz memberikan suplemen ke salah satu ternak sapi, saat berada di desa Sumbermulyo Kec. Sarang, Selasa siang.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz memberikan suplemen ke salah satu ternak sapi, saat berada di desa Sumbermulyo Kec. Sarang, Selasa siang.

Rembang – Kabupaten Rembang siap mendukung program swasembada daging pemerintah pusat. Apalagi Rembang menduduki peringkat empat besar populasi ternak sapi se Jawa Tengah dengan 128 ribu ekor dan ditargetkan 60 ribu indukan bunting tahun 2017 mendatang.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat menghadiri panen pedhet hasil Inseminasi Buatan (IB) dan pencanangan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) tingkat Jawa Tengah di desa Sumbermulyo Kec. Sarang, Selasa (15/11/2016) sangat mendukung upaya menggenjot swasembada daging. Pasalnya program tersebut akan meningkatkan kesejahteraan petani ternak, utamanya di Kab. Rembang.

Seperti ternak sapi di desa Sumbermulyo yang populasinya mencapai 1.050 ekor. Menurutnya, aset yang harus dikelola dengan baik. Mulai dari perawatan sehari – hari, kesehatan maupun kualitas inseminasi buatan. Terkait sarana dan prasarana inseminator, Pemkab harus hadir memfasilitasi, karena hal itu sesuatu yang tidak bisa dipisahkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Rembang, Suratmin menuturkan mulai saat ini Pemkab akan mengawal kesuksesan program Upsus Siwab. Sebagai langkah awal pihaknya akan melakukan cek kesehatan reproduksi ternak sapi. Jika reproduksinya terganggu, harus diobati lebih dulu. Setelah itu baru dikawinkan dengan inseminasi buatan.

Selama kegiatan di desa Sumbermulyo, selain melakukan inseminasi buatan, pemerintah juga mengadakan pengobatan massal ratusan sapi, sosialisasi asuransi ternak, penyerahan bantuan mesin pencacah rumput mini, penyaluran bantuan bahan bangunan gudang pakan ternak, bantuan bibit rumput raja dan bantuan mineral ternak kepada beberapa kelompok tani ternak. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *