Flash News
No posts found

Bertahan, Ditengah Gempuran Tekhnologi Komunikasi

“Onny” Abi Wahono (kiri) menerima bendera Orari, sebagai penerus kepemimpinan Orari Lokal Rembang.

“Onny” Abi Wahono (kiri) menerima bendera Orari, sebagai penerus kepemimpinan Orari Lokal Rembang.

Rembang – Semakin canggihnya tekhnologi komunikasi saat ini, menjadi seleksi alam bagi anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Pasalnya, sarana komunikasi bertambah banyak, sehingga mengakibatkan piranti HT lama kelamaan ditinggalkan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Orari Daerah Jawa Tengah, Artinus Kristantyo, saat melantik pengurus ORARI lokal Rembang periode 2016 – 2019. Menurutnya, ORARI sebagai organisasi hobi di bidang tekhnik komunikasi radio memang tidak booming seperti dulu. Sekarang secara kuantitas, jumlah anggota kian menurun, diduga salah satunya efek dari perkembangan zaman. Di Kab. Rembang sendiri, semula ada 150 an anggota, kini tinggal 59 orang. Hanya anggota – anggota militanlah yang tetap aktif.
Tak sekedar menyalurkan hobi, tapi juga sebagai dukungan komunikasi untuk pemerintah. Menurutnya, anggota ORARI dalam berbagai situasi darurat justru menjadi garda terdepan menunjang komunikasi. Ia mencontohkan saat tragedi bencana gelombang tsunami di Aceh, dikala jalur komunikasi melalui telefon terputus, hanya HT yang bisa digunakan.

Lebih lanjut Artinus mendorong agar pengurus ORARI lokal Rembang lebih meningkatkan peran di tengah masyarakat. Apalagi semangat yang diusung pada reorganisasi kali ini mengambil tema berkarya untuk bangsa dan negeri. Ia optimis dibawah kepemimpinan ketua ORARI Kab. Rembang yang baru, “Onny” Abi Wahono mampu melakukan perubahan kearah lebih baik. Kebetulan Abi Wahono merupakan orang lama di dalam ORARI, harapannya sudah memahami kendala yang kerap kali muncul dan bagaimana menentukan solusi.

Sebelumnya, “Ony” Abi Wahono terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Lokal ke X ORARI Lokal Rembang di Gedung Hijau Jl. Dr Sutomo Rembang, Minggu siang (20/11). Onny yang juga Direktur Radio R2B Rembang ini menggantikan ketua lama, Sutiyono, warga Perumahan Permata Hijau Ngotet Rembang.

“Ony” Abi Wahono dalam sambutannya mengajak seluruh anggota meramaikan frekuensi 530 di kanal 2 M VHF. Pihaknya sering mendengar keluhan frekuensi tersebut sepi, maka harus digelorakan lagi untuk sarana koordinasi. Menurutnya, frekuensi itu resmi dan tidak mengganggu kepentingan lain, termasuk frekuensi penerbangan.

Onny yang mempunyai call sign YC2GGW ini menimpali setelah didaulat menjadi Ketua ORARI Lokal Rembang akan segera melakukan penataan kedalam. Setelah itu, baru menjalankan program – program kegiatan untuk 3 tahun kedepan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *