Flash News
No posts found

Usulan Gaji GTT Sesuai UMK, DPRD Dan Dinas Pendidikan Beri Tanggapan

Seorang GTT sebuah Sekolah Dasar di Kec. Gunem sibuk membimbing siswa. Gaji minim selalu menjadi makanan rutin GTT setiap bulannya.

Seorang GTT sebuah Sekolah Dasar di Kec. Gunem sibuk membimbing siswa. Gaji minim selalu menjadi makanan rutin GTT setiap bulannya.

Rembang – Menyusul adanya gagasan pemberian honor guru tidak tetap (GTT) sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK), DPRD Rembang meminta Dinas Pendidikan mematangkan pendataan terlebih dahulu.

Ketua Komisi D DPRD Rembang, Henri Purwoko, Senin (21 November 2016) menjelaskan usulan itu sebagai wujud keprihatinan, mengingat bayaran GTT selama ini tidak manusiawi. Per bulan rata – rata hanya memperoleh Rp 300 ribu. Namun data calon penerima harus benar – benar valid. Kalau tidak, ia khawatir akan terjadi pembengkakan anggaran sangat besar. Hal itu karena banyak Sekolah Dasar mengangkat tenaga guru sendiri, untuk memenuhi kekurangan pendidik. Maka harus ada klasifikasi yang jelas, GTT seperti apa yang berhak mendapatkan honor setara dengan UMK. Misalnya memiliki masa kerja di atas 5 tahun dan sudah tercantum dalam data base di Dinas Pendidikan. Apabila data belum siap, kemungkinan akan sulit merealisasikan usulan itu.

Henri Purwoko menambahkan pihaknya belum memperoleh informasi awal, seputar jumlah GTT. Tapi yang jelas, tidak semua langsung memperoleh honor sesuai UMK. Mengingat kondisi keuangan daerah, akan diterapkan secara bertahap. Ia menghitung, upah minimum kabupaten Rembang tahun 2016 sebesar Rp 1.300.000. Kalau penerimanya 500 orang saja, per bulan sudah membutuhkan anggaran Rp 650 juta. Dalam 1 tahun anggaran, harus menyiapkan uang Rp 7 miliar lebih.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan, Mardi menanggapi pihaknya sudah merancang perencanaan masalah tersebut. Namun ia belum bisa membeberkan bagaimana tekhnisnya, karena masih banyak yang harus disiapkan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *