Flash News
No posts found

Gagal Mendekati Daratan, Pihak Desa Siapkan 6 Perahu

Bangkai kapal Mulya Sejati sampai Jum’at sore (25/11) belum bisa ditarik mendekati daratan.

Bangkai kapal Mulya Sejati sampai Jum’at sore (25/11) belum bisa ditarik mendekati daratan.

Sluke – Tim SAR gabungan bersama masyarakat gagal meminggirkan bangkai kapal Mulya Sejati lebih dekat ke bibir pantai desa Jatisari Kec. Sluke. Posisi bangkai kapal yang sempat ditabrak kapal berbendera Vietnam di perairan Tuban, Jawa Timur itu, hingga hari Jum’at (25 November 2016) masih berada di lokasi sekira 1 kilo meter dari daratan atau masih sama sesaat setelah ditarik nelayan.

Sekretaris Desa Jatisari Kec. Sluke, Suwandi mengatakan penarikan ke arah lebih pinggir cukup sulit, karena ada salah satu tiang kapal yang menancap di dasar laut. Berulang kali sudah ditarik dengan bantuan kapal Basarnas. Ternyata tetap sulit bergerak. Menurutnya, bangkai kapal memang harus disingkirkan, supaya tidak mengganggu lalu lintas perahu.

Suwandi menambahkan pada lain hari pihak desa akan mengerahkan para nelayan, untuk membalikkan kapal tersebut, agar tidak tertelungkup seperti sekarang. Caranya dengan menerjunkan penyelam tradisional, kemudian mengaitkan tali ke sejumlah titik badan kapal. Setelah itu dijungkirbalikkan, melalui bantuan perahu nelayan. Diprediksi paling tidak butuh 6 unit perahu. Kalau posisinya sudah normal, ia yakin kapal bisa dengan mudah ditarik ke dekat daratan. Untuk sementara, pihak desa berinisiatif memasang lampu di atas bangkai kapal Mulya Sejati, berfungsi sebagai rambu – rambu darurat.

Sebelumnya, kapal nelayan Mulya Sejati asal Juwana – Kab. Pati ditabrak kapal MV Thaison IV di perairan Tuban, Jawa Timur, Sabtu dini hari pekan lalu. 12 anak buah kapal selamat dan 15 ABK hilang. Dalam proses pencarian, korban hilang ditemukan 3 orang sudah meninggal dunia. Salah satunya adalah Kardjani (63 tahun) warga desa Pedak Kec. Sulang.

Pasca kejadian, separuh bangkai kapal yang tertabrak, hanyut sampai ke laut utara Rembang dan ditarik nelayan desa Jatisari Kec. Sluke, Rabu (23/11). (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *