Flash News
No posts found

Khalifah Islam Di Indonesia, Begini Pendapat Kiai Maimun Zubair

Kiai Maimun Zubair.

Kiai Maimun Zubair.

Sarang – Ulama asal Sarang, Kiai Maimun Zubair menganggap hukum Islam dengan sistem perkalifahan tidak cocok diterapkan di Indonesia, yang mempunyai latar belakang masyarakat beragam.

Kiai Maimun Zubair khawatir hal itu hanya akan memecah belah umat. Saat ini saja ketika muncul sekelompok orang ingin menegakkan kedaulatan Islam dengan cara – cara radikal, langsung menuai kecaman dari masyarakat. Ia mengingatkan kembali bahwa islam mengajarkan kepada umatnya untuk berperilaku yang baik.

Kiai Maimun mengisahkan Mekkah dan Istambul – Turki dulu pernah jatuh, dikala menerapkan perkalifahan. Saat itu krisis ekonomi semakin parah, sehingga banyak warga yang keluar dari Mekkah maupun Turki. Termasuk ayah mertuanya, Kiai Baedhlowi terpaksa meninggalkan Mekkah. Sejarah pahit tersebut, setidaknya bisa menjadi bahan pembelajaran.

Kiai yang sudah berusia 88 tahun ini selalu mengajak para santri dan juga masyarakat luas membentengi diri dari paham radikalisme. Menurut Mbah Moen, agama jangan ditarik untuk membenarkan tindak kekerasan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *