Flash News
No posts found

Petugas KPK Datangi Kantor Bupati, Ini Yang Mereka Lakukan

Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Rembang – Pemkab Rembang, sudah meneken perjanjian kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih. Sebagai tindak lanjut dari kerja sama itu, Kamis pagi (04 Mei 2017), Bupati Rembang, Abdul Hafidz menerima rombongan dari KPK di ruang rapat Bupati. Tampak hadir pula sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Abdul Hafidz menjelaskan bentuk kerja sama tersebut guna memastikan bahwa KPK melakukan pengawasan langsung terhadap kondisi keuangan Pemkab, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Ada beberapa item penanggung jawab di tingkat daerah. Menyangkut keuangan ranahnya DPPKAD, integritas pegawai ditangani Badan Kepegawaian Daerah (BKD), pengawasan diserahkan kepada Inspektorat dan proses pembangunan dipegang Bappeda.

Perencanaan misalnya, seluruh program kegiatan harus dirancang jauh – jauh hari, berdasarkan e-planning. Perencanaan tersebut wajib mengacu usulan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa, Kecamatan, sampai Musrenbang tingkat kabupaten. Setelah itu terintegrasi dengan rancangan Perda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Tidak bisa muncul program yang tiba – tiba, keluar dari rangkaian tersebut.

Abdul Hafidz menambahkan perwakilan KPK sudah meminta dokumen rancangan APBD tahun 2018 mendatang. Tentu Pemkab siap memberikan, agar langsung dimonitor oleh KPK. Ia memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) segera menyesuaikan. Salah satunya pejabat diwajibkan menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) setiap tahun ke KPK. Sifat dari kerja sama ini mengarah ke pencegahan tindak pidana korupsi. Kalau ada temuan indikasi penyimpangan, KPK sejak awal sudah bisa mengingatkan.

Apabila melihat komposisi APBD Kab. Rembang tahun 2017, besarnya pendapatan sekira Rp 1,5 Triliun, sedangkan belanjanya menembus Rp 1,7 Triliun. Angka tersebut diprediksi meningkat pada periode tahun depan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *