Flash News
No posts found

Penarikan Sekdes, Bupati Menjawab

Seorang Sekretaris desa di kecamatan Kaliori berkoordinasi di kantor kecamatan, beberapa waktu lalu. Personel Sekdes, akan ditarik Pemkab.

Seorang Sekretaris desa di kecamatan Kaliori berkoordinasi di kantor kecamatan, beberapa waktu lalu. Personel Sekdes, akan ditarik Pemkab.

Sluke – Pemerintah desa diminta untuk melakukan pengisian perangkat desa yang kosong tahun ini. Terutama pada posisi Sekretaris Desa (Sekdes) yang akan ditarik Pemkab.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyampaikan masalah tersebut, seusai sholat tarawih di Masjid desa Pangkalan, kecamatan Sluke Senin malam (19/06). Untuk pembiayaan perekrutan perangkat nantinya ditanggung oleh desa.

Pemdes bisa menggunakan dana bagi hasil desa, bondo desa maupun Sisa Lebih Perhitungan Anggaran atau SILPA. Jika pemdes belum menganggarkan, maka diminta segera melakukan penganggaran pada APBDes perubahan. Ia menekankan hal itu, karena tahun 2018 mendatang, desa akan mendapatkan gelontoran dana dua kali lipat dari yang sekarang.

Jika saat ini pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp. 60 Triliun, maka menjadi Rp.120 Triliun. Semula desa memperoleh Rp. 700 Juta, maka tahun 2018 menerima Rp. 1,4 miliar. Kalau banyak kekosongan perangkat desa, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja pemerintahan desa dalam menuntaskan program kegiatan.

Abdul Hafidz menambahkan penarikan personel Sekretaris Desa akan diterapkan bertahap. Saat ini sudah dimulai, sedangkan penempatan di tempat baru, menyesuaikan dengan kebutuhan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *