Flash News
No posts found

Tim Dishub Temukan Spot Snorkling Super Keren, Ini Lokasinya

Aktivitas snorkling di sekitar Pulau Gede, Rembang.

Aktivitas snorkling di sekitar Pulau Gede, Rembang.

Rembang – Para pecinta olahraga snorkling dan selam laut di kabupaten Rembang masih menjajaki lokasi yang cocok untuk penyelaman. Selama ini di kawasan pesisir pantai utara kabupaten Rembang sangat jarang ada spot yang menarik, meski garis pantainya tergolong panjang.

Seorang pecinta olahraga snorkling dan diving di Rembang, Sekar Henganing Ayu mengatakan sebelumnya lebih memilih perairan di sekitar Pulau Karimunjawa, Jepara. Di sana boleh jadi merupakan surganya penyelam, dengan air lautnya yang jernih dan keindahan terumbu karang memikat.

Wanita yang berprofesi sebagai dokter ini menceritakan kebetulan ia sempat mencoba snorkling ke sebelah barat Pulau Gede, di perairan Kaliori. Beberapa pengunjung terkena sengatan bulu babi, sehingga harus buru – buru ke daratan. Beruntung ia tidak kena, tapi sayang arusnya agak deras, sehingga kurang bisa menikmati suasana bawah laut selama snorkling. Meski demikian baginya Pulau Gede tetap menjadi salah satu yang direkomendasikan, jika ingin mencari spot dekat dengan pusat kota Rembang.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kab. Rembang, Redianto menyebutkan dalam beberapa bulan terakhir pihaknya melakukan survei penyelaman di sejumlah titik, untuk bahan pengembangan wisata bahari. Ia membenarkan Pulau Gede termasuk alternatif, tapi penyelam harus mewaspadai ancaman hewan laut Bulu Babi.

Menurutnya, sejauh ini ada 1 titik yang paling layak untuk snorkling dan diving, yakni Karang Gosong. Lokasi tersebut berada di sebelah utara Pantai Karangjahe desa Punjulharjo, Rembang dan dapat ditempuh selama 20 menit dengan naik perahu cokrik nelayan. Dari hasil penyelaman, kedalamannya mencapai 4 meter mendapati terumbu karang cukup bagus, jarak pandang memungkinkan karena airnya jernih dan arus bawah laut tergolong tenang. Di dekat spot penyelaman, ada sedikit daratan yang bisa dipakai istirahat penyelam. Lagipula Karang Gosong juga aman dari bulu babi. Kalau ingin dikembangkan untuk wisata, menurutnya Karang Gosong bisa menjadi pilihan utama.

Redianto kemudian berbagi tips mengenai bulu babi. Menurutnya, bulu babi bersifat pasif atau tidak menyerang. Tapi biasanya terinjak kaki penyelam. Begitu kena duri bulu babi, mengakibatkan kulit terasa panas, bentol – bentol, hingga tubuh meriang.

Cara penanganan pertama, bagian yang sakit dikucuri cairan cukak. Solusi lain yang juga manjur, diberi air kencing, karena dipercaya mampu menguraikan racun bulu babi. (MJ – 81).

2 Komentar

  1. Tara

    Jadi pengin kesana nich….

  2. Ilham

    ada yg menyewakan alat snorkling di pantai Rembang nggak ya ? mohon infonya dong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *