Flash News
No posts found

Bupati Bicara Fungsi Staf Ahli, Tak Akan Bertabrakan

Suasana pertemuan staf ahli se Jawa Tengah di Rembang, Kamis (03/08).

Suasana pertemuan staf ahli se Jawa Tengah di Rembang, Kamis (03/08).

Rembang – Keberadaan staf ahli dianggap memiliki peran strategis dalam menentukan kebijakan pemerintah.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menjelaskan masalah tersebut, ketika berlangsung rapat koordinasi staf ahli Gubernur, Bupati dan Walikota se Jawa Tengah di Hotel Fave Rembang, Kamis (03/08). Menurut Hafidz, staf ahli bisa memberikan rekomendasi atas program – program strategis, guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Menurutnya, terkadang muncul anggapan rekomendasi atau telaah staf ahli bertabrakan dengan kewenangan organisasi perangkat daerah (OPD). Bagi Bupati tidak seperti itu cara memandangnya. Justru telaah staf ahli bisa dijadikan sebagai pembanding dengan telaah dinas tekhnis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono menganggap waktu yang dimiliki staf ahli lebih panjang. Ia mendorong supaya staf ahli mengaktualisasikan diri lebih banyak. Bahkan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, staf ahli hampir setiap hari memberikan masukan – masukan, menyikapi perkembangan isyu di daerah.

Lebih lanjut Sri Puryono juga mengingatkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk birokrasi pemerintahan yang kental dengan penilaian integritas rendah, tidak jujur, korup dan tidak bisa dipercaya. Maka staf ahli juga dapat ikut ambil bagian dalam menangkal fenomena yang berkembang seperti itu. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *