Flash News
No posts found

Upaya Pemortalan Efektif, Program Pecinan Masih Lamban

Portal terpasang di salah satu gang desa Karangturi Kec. Lasem, untuk mencegah truk besar yang ingin menerobos parkir.

Portal terpasang di salah satu gang desa Karangturi Kec. Lasem, untuk mencegah truk besar yang ingin menerobos parkir.

Lasem – Upaya pihak desa Karangturi kecamatan Lasem memasang portal, ternyata cukup efektif untuk mencegah parkir truk sembarangan, masuk ke dalam lorong – lorong permukiman penduduk.

Salah satunya di titik gang 5, 100 meter sebelah selatan Masjid Jami’ Lasem. 2 tiang portal besi terpasang dan sejauh ini masih aman.

Yanto, penduduk setempat mengatakan dulu sebelum ada portal, truk trailer maupun truk gandeng sering parkir di tempat tersebut. tapi setelah diportal, akses jalan menjadi sempit. Maksimal hanya mobil yang bisa masuk, sedangkan kendaraan berat dipastikan terhalang. Ia setuju dengan adanya pemasangan portal, supaya kondisi lingkungan lebih tertib.

Warga lainnya, Kholis mengaku tiap hari berjualan di ujung gang 5 desa Karangturi. Ia sempat mendengar desa Karangturi akan dijadikan obyek wisata Pecinan. Menurutnya bagus, supaya semakin banyak pengunjung. Kalau ramai, tentu pedagang akan ikut merasakan dampak positif. Tapi ia mengamati dari sisi penataan sarana infrastruktur penunjang, belum ada perkembangan yang mencolok.

Sementara itu, Kepala Desa Karangturi Kec. Lasem, Muhari mengakui pihaknya serius mengawal kampungnya dengan suasana khas Pecinan tetap lestari. Rumah – rumah kuno selalu dipantau. Kalau ada informasi penjualan, aparat desa pasti giat melakukan edukasi, jangan sampai bangunan rumah dibongkar, kemudian dipindah ke daerah lain.

Muhari berharap kedepan perlu dibuat sentra kuliner pada malam hari, untuk mendukung wisata Pecinan. Kemudian penataan lingkungan berupa trotoar yang menghubungkan antar RT juga penting. Desa menghendaki Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata lebih intens membantu memberikan sentuhan ke Karangturi. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *