Flash News
No posts found

Bupati Evaluasi Kinerja Kepala Puskesmas, Ada Target Yang Ingin Dicapai

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat memantau layanan kesehatan, belum lama ini.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat memantau layanan kesehatan, belum lama ini.

Rembang – Bupati Rembang, Abdul Hafidz siap mengevaluasi kinerja kepala Puskesmas, terkait baik buruknya pelayanan kepada masyarakat.

Abdul Hafidz kepada Reporter R2B menyatakan percuma saja bangunan Puskesmas sudah ditata bagus, tapi tidak ada peningkatan pelayanan. Dengan status 16 Puskesmas se kabupaten Rembang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), menurutnya tidak ada alasan bagi Puskesmas untuk tidak lebih baik. Dengan BLUD, Puskesmas bisa mengatur anggaran sendiri dan leluasa menentukan kebijakan.

Termasuk dalam mengelola saran maupun kritikan dari masyarakat, sudah semestinya Puskesmas juga membuka layanan aduan yang memudahkan pasien. Ia memerintahkan tiap Puskesmas melengkapi call center atau aduan lewat jalur online. Kalau ternyata perkembangan belum terasa, kepala Puskesmas bisa saja diganti.

Abdul Hafidz mencontohkan di rumah sakit dr. R Soetrasno Rembang telah mengawali pendaftaran pasien secara online. Warga yang akan berobat dapat memanfaatkan aplikasi khusus melalui HP untuk mendaftarkan diri. Mereka tak perlu ke rumah sakit sehabis Subuh, demi memperoleh nomor antrean awal. Sekarang cukup klik di HP, pasien bisa mengetahui jam berapa harus datang ke rumah sakit, tanpa menunggu berjam – jam. Begitu pula prosedur menerima pasien. Dirinya meminta jangan sampai menolak, hanya karena alasan berkas persyaratan belum lengkap. Segera ditangani dulu, soal kelengkapan administrasi diurus belakangan.

Menurut Hafidz, saat ini Pemkab Rembang terus berupaya mendorong layanan di bidang kesehatan lebih dekat dan mendongkrak derajat kesehatan. Mengingat kesehatan merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan visi misinya. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *