Flash News
No posts found

3 Orang Langsung Bebas, Tapi Ada Napi Yang Tidak Memperoleh Remisi

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyerahkan surat keputusan remisi kepada warga binaan, Kamis pagi.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyerahkan surat keputusan remisi kepada warga binaan, Kamis pagi.

Rembang – Tiga orang narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rembang langsung bebas, setelah mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 72, hari Kamis (17 Agustus 2017).

Ketiganya adalah Muhammad Nasihuddin (33 tahun) warga kecamatan Sedan, Shodikin (25 tahun) warga Rembang dan Danang Puji Santoso (35 tahun) warga Blora.

Kepala Rutan Rembang, Ruspriyanto menjelaskan total narapidana yang menerima remisi sebanyak 61 orang, terbagi dalam 2 kategori. Remisi umum dengan pengurangan hukuman 1 sampai 5 bulan jumlahnya 59 orang, sedangkan remisi umum pidana khusus sebanyak 2 orang, dengan pemotongan masa hukuman 3 – 5 bulan. Pidana khusus, seperti kasus korupsi dan terorisme.

“Ada 4 orang narapidana kasus korupsi dan Narkoba di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Rembang tidak mendapatkan remisi, karena kami masih menunggu petunjuk dari Dirjen Pemasyarakatan, “ beber Ruspriyanto.

Seorang Napi yang mendapatkan remisi, Shodikin mengaku senang bisa menghirup udara bebas, setelah 19 bulan mendekam di balik jeruji besi.

“Selama berada di dalam Rutan, saya berusaha mengambil hikmahnya. Termasuk ketrampilan membuat kerajian keset yang diajarkan oleh petugas Rutan, ternyata sangat bermanfaat dan kalau memungkinkan akan saya kembangkan sebagai bekal hidup di rumah, “ ujarnya.

Sementara itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang turut hadir ke Rutan Rembang menyampaikan beberapa kali mendengar keluhan antara jumlah narapidana dengan ketersediaan ruangan sudah melebihi kapasitas.

“Kalau memang belum ada anggaran dari pusat, Pemkab pun siap membantu supaya jumlah ruangan di Rutan bisa bertambah dan memenuhi hak – hak narapidana yang harus tetap dimanusiakan. Masalah tersebut telah kami komunikasikan dengan pimpinan Rutan, “jelas Hafidz.

Saat ini di Rutan Rembang terdapat 152 orang warga binaan. Meliputi tahanan pria 51 orang, tahanan wanita 1 orang, narapidana pria 96 orang dan narapidana wanita 4 orang. Status tahanan, merupakan titipan dari Polres dan Kejaksaan Negeri. Padahal kalau mengacu jumlah sel, idealnya Rutan tersebut maksimal hanya ditempati 112 orang. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *