Flash News
No posts found

Porkab Perlu Dibenahi Usai Kegagalan 1 Cabor, Ini Juara Umumnya

Cabang olahraga karate dalam Porkab didominasi oleh kecamatan Pamotan.

Cabang olahraga karate dalam Porkab didominasi oleh kecamatan Pamotan.

Rembang – Kecamatan Pamotan menjadi juara umum dalam event Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) kabupaten Rembang, yang berlangsung tanggal 12 – 13 September 2017 di Rembang.

Kecamatan Pamotan sukses setelah meraih 19 medali emas 17 medali perak dan 10 medali perunggu. Pada posisi ke 2 diduduki kecamatan Rembang Kota dengan mengumpulkan 18 medali emas 7 perak dan 13 perunggu, ranking 3 ditempati kontingen kecamatan Sulang, mengantongi 15 medali emas 12 perak dan 11 perunggu.

Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten Rembang, Sudjito, Kamis siang (14 September 2017) menuturkan kontingen kecamatan Pamotan dapat menjadi yang terbaik, sekaligus menyisihkan dominasi tuan rumah kecamatan Rembang Kota, karena berjaya di cabang olahraga karate. Secara mengejutkan, kecamatan Pamotan berhasil mendulang 7 emas dari cabang karate, sehingga mencatatkan rekor paling banyak. Kemudian baru disumbang dari cabang olahraga lainnya. Kondisi tersebut menunjukkan pembinaan olahraga mulai merata, sehingga bisa memacu kecamatan lain untuk lebih berprestasi. Juara umum Porkab berhak mendapatkan hadiah Rp 15 juta. Juara II dan III, masing – masing diberi Rp 10 juta dan Rp 7,5 juta.

“Sekarang Porkab sistemnya pakei nilai. Kalau medali emas setara dengan 9 poin, perak 3 poin dan perunggu 1 poin. Kenapa kecamatan Pamotan menjadi juara umum, hal ini tidak lepas dari suksesnya mereka pada cabang olahraga karate yang memperoleh 7 emas. Sementara Rembang Kota hanya dapat 2 emas, “ ujarnya.

Sudjito menambahkan selama Pekan Olahraga Kabupaten tahun ini ada yang perlu diperbaiki. Semula pihaknya siap mengadakan 13 cabang olahraga, tapi hanya 12 yang bisa digelar. Penyebabnya, 1 cabang olahraga biliard gagal dipertandingkan, lantaran hanya diikuti 1 kecamatan yakni kecamatan Gunem. Menurutnya, semakin banyak cabang olahraga akan semakin positif untuk pembinaan kedepan.

“Masing – masing kecamatan bisa menyiapkan cabang olahraga lebih banyak. Syukur semua cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dapat dimainkan ketika Pekan Olahraga Kabupaten. Contohnya biliard, tidak bisa kita pertandingkan. Lha yang ikut cuman 1 kecamatan saja, nggak ada pesaingnya dong, “ imbuh Kepala SD N 5 Kutoharjo, Rembang ini.

Secara resmi Porkab kabupaten Rembang ditutup Rabu malam. Pertandingan terakhir adalah bola basket yang berlangsung di lapangan SMA N I Rembang. Tim basket putra dari kecamatan Rembang Kota meraih medali emas, sedangkan emas basket putri direbut kecamatan Kragan.

Menurut Sudjito atlet peraih medali emas dalam Porkab, tidak serta merta langsung lolos ikut bertarung di Pekan Olahraga provinsi Jawa Tengah tahun 2018. Namun mereka masih akan terus dipantau perkembangannya, melalui berbagai event. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *