Flash News
No posts found

Seleksi Panwascam, Belasan Pendaftar Tidak Datang

Suasana seleksi tes tertulis Panwas Kecamatan di aula SMP N 2 Rembang, Sabtu pagi (16/09).

Suasana seleksi tes tertulis Panwas Kecamatan di aula SMP N 2 Rembang, Sabtu pagi (16/09).

Rembang – 13 orang pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang lolos seleksi administrasi, justru tidak datang ketika tes tertulis yang berlangsung di aula SMP N 2 Rembang, Sabtu pagi (16 September 2017). Paling tinggi dari kecamatan Lasem, sebanyak 3 orang.

Ketua Panitia pengawas Kabupaten Rembang, Totok Suparyanto menuturkan mereka tidak memberikan konfirmasi, kenapa tidak hadir. Padahal kalau memang terlambat tiba di lokasi tes, masih tetap diperbolehkan ikut, namun tidak mendapatkan tambahan waktu. Secara otomatis, pendaftar tersebut gagal melaju ke tahap berikutnya. Mengenai komposisi soal, peserta mengerjakan 100 buah pertanyaan model pilihan ganda dan harus selesai selama 2 jam.

“Materi soal dibuat oleh Bawaslu provinsi Jawa Tengah. Semua pilihan ganda. Ada tentang Undang – Undang Kepemiluan, UU Desa, UU Aparatur Sipil Negara, maupun pengetahuan umum menyangkut Jawa Tengah. Jadi pertanyaannya beragam, “ kata Totok.

Totok menambahkan setelah tes tertulis pihaknya akan langsung melakukan pengecekan lembar jawaban peserta. Hasilnya akan diumumkan melalui internet Fanpage Facebook Panwaskab Rembang 2018, Minggu tengah malam atau bisa dilihat di setiap kantor kecamatan hari Senin, 18 September 2017 mulai pukul 10.00 WIB.

“Yang menentukan Panwas Kabupaten, tentu sesuai dengan nilai tes tertulis pendaftar. Akan kami ambil 6 orang setiap kecamatan, guna mengikuti tes wawancara. Kalau misalnya peserta ko nilainya sama, ranking 6, 7 dan 8, maka ke 8 nya kita ikutkan semua dalam tes wawancara, “ beber pria warga desa Mlawat kecamatan Pamotan ini.

Mengenai tes wawancara akan berlangsung antara tanggal 20 – 22 September 2017. Dari 6 orang dikerucutkan menjadi 3 orang, untuk menduduki Panwas Kecamatan yang bertugas mengawasi seluruh tahapan pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Jika dilihat berdasarkan latar belakang profesi pendaftar Panwas Kecamatan, cukup beragam. Mulai dari petani, wiraswasta, guru, hingga pensiunan pegawai negeri. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *