Flash News
No posts found

Sikap Panwas Kabupaten, Terkait Baliho Kandidat Gubernur

Baliho kandidat calon Gubernur Jawa Tengah mulai bermunculan di kota Rembang.

Baliho kandidat calon Gubernur Jawa Tengah mulai bermunculan di kota Rembang.

Rembang – Meski pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah baru akan berlangsung tahun 2018 mendatang, namun di kawasan dalam kota Rembang sudah marak pemasangan baliho bergambar kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

Di perempatan Galonan yang merupakan jalur utama antara Rembang – Blora, tampak baliho besar milik Bupati Kudus, Mustofa bertuliskan memohon do’a restu untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. Seakan tidak mau kalah, kandidat bakal calon Gubernur lainnya yang juga mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Sudirman Said terpampang balihonya di perempatan eks Stasiun Rembang.

Komisioner Panitia pengawas Kabupaten Rembang, M. Dhofarul Muttaqin menyatakan pihaknya belum bisa menertibkan atribut tersebut, karena sampai sekarang belum ada penetapan calon dan belum memasuki masa kampanye. Artinya, baliho semacam itu sama seperti baliho iklan produk. Tinggal apakah berizin atau tidak. Kalau belum berizin, maka menjadi kewenangan Pemkab Rembang untuk mencopot.

“Beliau – beliau yang terpampang di baliho itu kan belum ditetapkan menjadi calon. Lagipula belum kampanye, jadi belum bisa dikategorikan sebagai pelanggaran. Kami sebatas mendata dulu, kebetulan yang ada baru di dalam kota. Untuk penertiban, sementara bukan ranah Panwas, “ paparnya.

Dhofarul Muttaqin menambahkan kelak apabila sudah masa kampanye, kewenangan penertiban baru beralih ke Panwas Kabupaten. Nantinya akan dilihat dulu Peraturan KPU seperti apa, mengenai lokasi, jadwal pemasangan atribut dan kuota setiap pasangan calon.

“Kita sesuaikan dengan regulasi aturan, apakah melenceng dari ukuran, tempat atau ketentuan lain. Kami perlu sinkronkan dengan KPU, jangan sampai antara Panwas sama KPU salah persepsi, “ imbuh pria warga desa Kragan ini.

Jika merunut tahapan Pilkada yang telah disusun KPU Provinsi Jawa Tengah, pendaftaran pasangan bakal calon dibuka tanggal 8 – 10 Januari 2018, penetapan pasangan calon 12 Februari 2018, masa kampanye tergolong panjang dari tanggal 15 Februari sampai dengan 23 Juni 2018. Setelah itu memasuki masa tenang dan hari coblosan ditetapkan tanggal 27 Juni 2018. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *