Flash News
No posts found

Siapkan Perekrutan Bidan, Ada Skala Prioritas

Puskesmas Sumber, salah satu Puskesmas yang belum ditingkatkan bangunannya.

Puskesmas Sumber, salah satu Puskesmas yang belum ditingkatkan bangunannya.

Rembang – Kabupaten Rembang masih kekurangan 113 orang tenaga bidan. Pemerintah Kabupaten setempat berencana menggelar perekrutan, mulai tahun 2018. Namun tidak menerapkan seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) dari jalur umum, melainkan mekanisme tenaga bidan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofi’i membeberkan dari kekurangan 113 orang bidan tersebut, tidak akan dipenuhi semua tahun depan. Namun sesuai arahan Bupati, pihaknya memprioritaskan lebih dulu kekosongan bidan di 31 desa, supaya lekas terisi. Nantinya setelah direkrut, bidan berstatus pegawai BLUD Puskesmas. Gaji mereka yang membayar juga Puskesmas.

“Berdasarkan hasil analisa kami, kekurangan bidan 113 orang. Tapi karena sekarang masih berlangsung moratorium penerimaan pegawai negeri atau ASN, ya kita pakai cara lain lewat BLUD Puskesmas. Yang penting kekosongan bidan desa teratasi dulu, sisanya kita pikirkan nanti, “ ujar Ali.

Lalu apakah keuangan Puskesmas mumpuni, apabila harus menanggung gaji bidan ? Bupati Rembang, Abdul Hafidz menjelaskan seusai pengalihan status menjadi BLUD, Puskesmas untuk sementara menggunakan silpa atau sisa dana lebih anggaran pada tahun sebelumnya. Tentu mereka harus tetap menyertakan laporan tercatat. Begitu ada kekurangan, bisa diajukan melalui APBD. Menurutnya, sejauh ini Pemkab belum akan menyuntikkan modal khusus kepada Puskesmas, karena dana yang dikelola masih cukup.

“Puskesmas setelah jadi BLUD pakai silpa untuk menjalankan aktivitas keseharian, tapi semua harus dilaporkan rinci ke Dinas Kesehatan. Biar kita tahu apa yang harus dicukupi melalui APBD, “ jelasnya.

Hafidz menimpali penetapan BLUD juga diimbangi dengan perbaikan penampilan fisik bangunan Puskesmas. Dari 16 unit Puskesmas, tinggal 2 yang belum ditingkatkan, yakni Puskesmas Sale dan Puskesmas Sumber. Targetnya, akan diselesaikan tahun 2018. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *