Flash News
No posts found

Awal Proyek Langsung Terancam, Warga Diminta Hentikan Menerobos

Dasar jalan beton antara desa Tegaldowo – Pasucen kecamatan Gunem rusak, karena dilalui pengendara sepeda motor. (facebook).

Dasar jalan beton antara desa Tegaldowo – Pasucen kecamatan Gunem rusak, karena dilalui pengendara sepeda motor. (facebook).

Gunem – Proyek jalan beton antara desa Tegaldowo menuju desa Timbrangan kecamatan Gunem rusak di sejumlah titik, gara – gara dilalui pengguna jalan yang nekat. Padahal pekerja baru menggarap dasaran jalan beton. Menurut rencana, pembetonan jalan sepanjang 1 kilo meter, lebar 3,5 meter dan ketebalan 18 centi meter.

Gatot, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tegaldowo kecamatan Gunem mengatakan sebenarnya jalan dari dua arah sudah ditutup total menggunakan rambu – rambu. Maka pemakai jalan dari Timbrangan maupun arah sebaliknya, mesti berjalan memutar dari Pasucen – dusun Brengkong – Dowan – Tegaldowo. Jarak jalur alternatif tersebut cukup jauh, sehingga ada pengendara sepeda motor menerobos dasaran jalan beton, dengan alasan supaya lebih dekat dan mempersingkat waktu.

Ia berharap masyarakat peduli, karena peningkatan jalan demi kebaikan bersama untuk jangka panjang. Apalagi setelah dasaran beton, nantinya akan dicor lagi. Kalau pengendara motor diam – diam masih melintas, dikhawatirkan kerusakan lebih parah. Menurutnya, perlu kesadaran dan juga peningkatan pengawasan.

“Sebagian besar masyarakat mau lewat jalur alternatif kok, tapi memang ada yang menerobos masuk. Gimana lagi, namanya orang banyak. Pada tahap awal ini baru dasaran, setelah itu pembetonan, jadi perlu diperketat. Nanti kalau ada yang masuk lagi, padahal umur beton belum layak, kan yang rugi juga masyarakat, “ ungkap Gatot.

Kepala Bidang Jalan Dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Rembang, Gendro Wiyono menanggapi pihaknya sudah menyampaikan sosialisasi sebelum proyek dimulai. Ia mengimbau masyarakat bersabar, karena masa peningkatan jalan akan selesai sekira 1 Minggu.

“Jalan ini kita tata supaya lebih bagus kedepannya. Mohon warga bisa memaklumi dan bersabar selama proyek berlangsung. Paling cepat 1 Minggu kita selesaikan. Soal kemarin ada yang menerobos, kerusakannya nggak parah, kan masih ada lapisan di atasnya nanti, “ terang Gendro.

Proyek peningkatan jalan ini menjadi satu paket antara ruas desa Trembes – Tegaldowo hingga desa Pasucen kecamatan Gunem. Pemerintah Kabupaten Rembang mengalokasikan anggaran Rp 1,8 Miliar. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *