Flash News
No posts found

Giatkan Binlat, Polres Beberkan Jumlah Warga Yang Diterima Polri Tahun 2017

Pembinaan dan pelatihan calon pendaftar anggota Polri, berlangsung di Alun – Alun Rembang, belum lama ini.

Pembinaan dan pelatihan calon pendaftar anggota Polri, yang diadakan Polres Rembang.

Rembang – Dari total 177 orang warga kabupaten Rembang yang mendaftar anggota Polri tahun 2017 ini, tercatat 28 orang yang diterima masuk pendidikan kepolisian.

Dari angka 28, masing – masing rinciannya, 2 orang diterima Akademi Kepolisian (Akpol), 23 orang Brigadir polisi laki – laki dan 3 orang Brigadir polisi wanita. Sedangkan untuk Tamtama belum ada yang lolos seleksi.

Kepala Bagian Sumber Daya Polres Rembang, Kompol Riwayat Sosianto menjelaskan biasanya pendaftar mengalami kegagalan, ketika memasuki tes jasmani dan kesehatan. Disinyalir karena mereka kurang persiapan.

“Waktu itu yang Akpol daftar 12 diterima 2, Brigadir 146 ternyata yang lolos 26. Lumayan menurut saya. Tapi kalau seandainya dipersiapkan lebih matang lagi, kemungkinan peluangnya akan semakin terbuka. Soal gagal pas tahap apa, memang macam – macam ya. Kebanyakan saat pemeriksaan kesehatan dan tes jasmani, “ terangnya.

Kompol Riwayat Sosianto menimpali untuk mengurangi potensi kegagalan pendaftar calon anggota Polri, pihaknya bulan November ini sudah melaksanakan pembinaan dan pelatihan (Binlat) bagi calon pendaftar Polri. Binlat dibagi 2 macam, ada peserta yang membayar sendiri dan ada pula yang dibiayai Pemerintah Kabupaten Rembang, bekerja sama dengan Polres. Total jumlah peserta yang telah mendaftarkan diri 758 orang.

Binlat mencakup pengarahan tentang syarat administrasi, pemeriksaan kesehatan tahap I, kemudian Binlat kesehatan jasmani dipusatkan di Alun – Alun Rembang. Menurutnya, masih ada 1 sesi yang belum dijalankan, yakni Binlat renang, mengingat keterbatasan sarana tempat.

“Waktu di Alun – Alun, peserta kita beri materi lari 12 menit, situp, pushup, dan beberapa latihan lainnya. Khusus renang, kolamnya minimal harus berjarak 25 meter. Yang memungkinkan terdekat hanya di kolam renang Mantingan kecamatan Bulu, nanti akan tetap kami agendakan. Bagi yang ingin ikut Binlat bisa daftar lewat sekolah atau datang ke Polres langsung, “ imbuh polisi asal Blora ini.

Pembinaan dan latihan berlangsung selama 4 bulan, sehingga selesai pada bulan Februari 2018. Pendaftaran Polri sendiri, perkiraan mulai bulan Maret 2018. Belakangan muncul konsep dari Mabes Polri, jika selesai pendidikan, anggota lebih banyak ditempatkan ke daerah asalnya.

Saat ini di kabupaten Rembang, jumlah polisi mencapai 600 an personel. Apabila dihitung dari jumlah penduduk kabupaten Rembang 625 ribuan, maka 1 polisi bertanggung jawab menjaga rata – rata 1.000 orang. Padahal menurut ukuran ideal versi Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB), 1 polisi menjaga 400 warga. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *