Flash News
No posts found

Percobaan Pembobolan ATM, Terungkap Sudah Lama CCTV Tak Bisa Merekam

Kondisi mesin ATM di pinggir jalur Pantura Kaliori menjadi sasaran percobaan pencurian. Tampak aparat kepolisian mengecek TKP, Sabtu (18/11).

Kondisi mesin ATM di pinggir jalur Pantura Kaliori menjadi sasaran percobaan pencurian. Tampak aparat kepolisian mengecek TKP, Sabtu (18/11).

Kaliori – Polres Rembang kesulitan mendeteksi pelaku yang mencoba membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Jateng di pinggir jalur Pantura, depan SMP N I Kaliori atau hanya berjarak 50 meter sebelah barat Mapolsek Kaliori. Meski kamera pengintai CCTV aktif, namun tidak merekam gambar di dalam ruangan ATM. Bahkan kondisi tersebut diperkirakan cukup lama dan baru ketahuan seusai kejadian.

Wakil Kepala Polres Rembang, Kompol Pranandya Subyakto menjelaskan anggotanya sudah menggelar olah TKP, sekaligus mengecek CCTV. Dari hasil rekaman, tak muncul gambarnya sama sekali. Ia menyayangkan hal itu, karena mestinya ada pemeliharaan rutin, sehingga cepat diketahui manakala terjadi kerusakan. Akibatnya, polisi kesulitan mengetahui ciri – ciri pelaku.

“Saya berharap kalangan perbankan betul – betul memperhatikan masalah CCTV, demi menunjang keamanan. Mengingat ATM tak dijaga. Buat apa terpasang kamera CCTV, kalau tidak bisa merekam. Yang jelas gambarnya samar saja. Meski demikian anggota tetap mengumpulkan bahan keterangan di sekitar TKP, “ ungkapnya.

Kompol Pranandya Subyakto menambahkan mesin ATM Bank Jateng di lokasi tersebut, selama tahun 2017 ini sudah 2 kali dibobol pelaku. Namun sama – sama pelaku gagal membawa uang di dalamnya, karena posisi mesin ATM sangat kuat. Meski pelaku mencongkel dengan linggis sekalipun, tetap akan kesulitan. Kecuali membongkar menggunakan mesin las.

“Antara peristiwa pertama dan kedua, bisa saja pelakunya sama. Ini juga menunjukkan mesin ATM di pinggir jalur Pantura Kaliori rawan pembobolan. Maka Polsek kami perintahkan untuk mengintensifkan patroli, utamanya pada jam rawan, “ imbuh Pranandya.

Sementara itu, hingga Sabtu petang (18/11/2017) beberapa pekerja masih melakukan perbaikan mesin ATM Bank Jateng di depan SMP N I Kaliori. Hasil koordinasi anggota kepolisian dengan perwakilan bank, isi uang di mesin ATM sekira Rp 180 an juta selamat.

Sebelumnya, Sabtu dini hari, pelaku berupaya membobol mesin ATM tersebut. Pagi harinya, kebetulan ada Satpam Bank Jateng dari Pati mampir ingin mengambil uang. Melihat bagian dalam berantakan, ia buru – buru melapor ke Polsek Kaliori. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *