Flash News
No posts found

Ribuan Pelanggan PDAM Di Rembang Timur Tak Bisa Terima Air, Ini Sebabnya

Pintu air Embung Lodan, Sarang (sarjikublogspot).

Pintu air Embung Lodan, Sarang (sarjikublogspot).

Sarang – 2.500 an pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di kecamatan Sarang, kecamatan Sedan dan kecamatan Kragan tidak bisa mendapatkan suplai air selama 3 hari, terhitung sejak hari Minggu sampai dengan Selasa (05/12) mendatang. Hal itu disebabkan perbaikan pintu air di Embung Lodan Sarang oleh satuan kerja yang mengelola embung tersebut.

Direktur PDAM Rembang, Muhammad Affan menjelaskan perbaikan pintu embung merupakan pemeliharaan rutin. Dampaknya, air ke rumah pelanggan PDAM terhenti total, sampai perbaikan selesai. Mengingat Embung Lodan menjadi satu – satunya sumber air baku untuk pelanggan PDAM di kabupaten Rembang bagian timur.

“Begitu embung ditutup, ya 100 % air tidak mengalir mas, kan satu – satunya air baku. Tentu sangat fatal untuk pelayanan PDAM di 3 kecamatan tersebut, kemungkinan selama 3 hari kedepan kami tidak bisa melayani seperti biasa. Muda – mudahan perbaikan tepat waktu, “ jelas Affan.

Muhammad Affan sempat menyayangkan kenapa informasi perbaikan pintu air mendadak dan hanya disampaikan secara lisan, sehingga tidak ada waktu yang cukup untuk menyebarkan sosialisasi kepada pelanggan. Meski hal ini bukan kesalahan PDAM, namun pihaknya tetap menyiapkan truk tangki air, untuk melayani pelanggan yang membutuhkan air. Droping gratis tersebut, sebagai bentuk kompensasi.

“Tidak ada biaya bagi pelanggan yang butuh air, kita droping pake truk tangki. Cuman lain kali kami berharap pemberitahuan perbaikan pintu air semacam ini ada surat tertulis, kemarin kita minta pemberitahuan tertulis kepada otoritas embung, tapi mereka nggak ngasih, “ imbuhnya.

Embung Lodan saat terisi penuh, mampu menyimpan air hingga mendekati 4 juta meter kubik. Oleh PDAM dialirkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih pelanggannya, sekira 25 liter per detik. Selain difungsikan PDAM, keberadaan Embung Lodan juga bermanfaat untuk irigasi pertanian seluas 200 an Hektar. Meliputi desa Lodan Wetan, Jambangan, Nglojo dan desa Pelang kecamatan Sarang. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *