Flash News
No posts found

Ini Dia Hasil 8 Pilkades Serentak, Dominasi Penantang Baru

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat memantau Pilkades di desa Landoh kecamatan Sulang. Bupati foto bareng dengan para calon.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat memantau Pilkades di desa Landoh kecamatan Sulang. Bupati foto bareng dengan para calon.

Rembang – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di kabupaten Rembang menghasilkan 6 orang pemimpin baru, sedangkan 2 lainnya merupakan mantan kepala desa yang terpilih lagi atau incumbent.

6 pemimpin baru itu diantaranya desa Samaran kecamatan Pamotan, desa Landoh kecamatan Sulang, desa Bonang kecamatan Lasem, desa Logung kecamatan Sumber, desa Ngroto kecamatan Pancur dan desa Karangmangu kecamatan Sarang. Hanya 2 desa yang diduduki incumbent yakni desa Glebeg kecamatan Sulang dan desa Kebloran kecamatan Kragan.

Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Rembang, Gunari membeberkan berdasarkan rekapitulasi suara, di desa Samaran, calon atas nama Suri memperoleh 851 suara, lawannya Pujiyono 139 suara. Kemudian desa Glebeg, dimenangkan Muslikin dengan 747 suara, sedangkan pesaingnya Ika Puji Astuti meraup 637 suara. Di desa Landoh, pemenangnya Moh. Ali Maksun mendapatkan 823 suara, disusul Nurwanto 800 suara, Darmani 86 suara, Juanto dan Wiwil Agung Sugianto masing – masing hanya mendapatkan 12 suara.

Di desa Kebloran, pasangan suami isteri maju bertarung. Sang suami, Kasmudi memperoleh 1.549 suara, sedangkan isterinya Qoimah 138 suara. Di desa Bonang, Moh. Hasan Bakhri memenangkan Pilkades dengan 457 suara, Syaeful Sodiqin dan Ahmad Mustaqim sama – sama memperoleh 266 suara, disusul Wahid Nur Faizin 75 suara. Selanjutnya desa Logung, persaingan berlangsung ketat. Sukoco, pemenangnya mendapatkan 460 suara, sedangkan Parmi 401 suara. Desa Ngroto, M. Salim menang mutlak dengan 473 suara dan lawannya, Winarti mengantongi 104 suara. Di desa Karangmangu, juga tak kalah sengit. Pemenang Pilkades, H. Jumali meraup 1.544 suara, sementara dari kubu lawan, Hj. Eni Sugiati mendapatkan 1.210 suara.

“Kalau melihat partisipasi pemilih, menurut saya cukup tinggi. Ini bagus demi proses perkembangan demokrasi di desa. Jumlah suara tidak sah, juga termasuk wajar. Paling banyak suara tidak sah di Kebloran, ada 23, “ jelasnya.

Wakil Kepala Polres Rembang, Kompol Pranandya Subyakto menyatakan pasca coblosan, situasi masih aman terkendali. Pengawasan anggotanya di lapangan, menunjukkan tidak ada gejolak mencolok.

“Meski masih aman, namun kita tetap siaga mas. Kami Polres hingga Polsek mengantisipasi kemungkinan ada yang mempermasalahkan hasil Pilkades. Sejauh ini, pelaksanaan Pilkades serentak lancar, “ tutur Pranandya.

Kompol Pranandya mengingatkan semua calon yang berjumlah 21 orang, belum lama ini sudah mengikrarkan siap menang dan siap kalah. Calon yang kalah, bersedia mendukung calon terpilih. Ia berharap ikrar tersebut dapat dipatuhi, demi mewujudkan situasi kondusif. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *