Flash News
No posts found

Soal Ini, Kades Miliki Kewenangan Mutlak

Perangkat Desa di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, usai dilantik, berjalan kaki dengan kepala desa, beberapa

Perangkat Desa di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, usai dilantik, berjalan kaki dengan kepala desa, beberapa waktu lalu.

Rembang – Kepala Desa mempunyai kewenangan penuh untuk mengatur struktur organisasi pemerintahan di tingkat desa. Termasuk menempatkan posisi perangkat desa, yang sebagian adalah hasil seleksi tahun 2017 dan sudah resmi bekerja per bulan Januari 2018.

Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Rembang, Gunari mengatakan perangkat desa tidak mutlak menempati kursi jabatannya sampai berakhir di usia 60 tahun. Namun Kepala Desa berhak mengevaluasi kinerja masing – masing. Apabila dianggap kurang tepat, bisa digantikan oleh perangkat desa lain. Ia mencontohkan yang semula menjabat Sekretaris Desa, kemungkinan dapat digeser menjadi Kasi Pemerintahan atau begitu pula sebaliknya.

Bagaimana dengan perangkat desa yang baru selesai dilantik, namun mengundurkan diri ? Menurutnya tidak masalah, karena desa bisa melakukan penggantian, berdasarkan peringkat seleksi kemarin.

“Kepala Desa mempunyai kewenangan penuh untuk memutasi perangkat desa. Undang – Undang Desa mengatur demikian. Hal ini berbeda dengan aturan dulu, dari awal jadi Kasi Kesra ya sampai berakhir jabatan ndak berubah. Yang perangkat desa baru, sampai sekarang, kami belum dapat informasi yang terpilih mengundurkan diri, “ jelasnya.

Gunari membenarkan jumlah pendaftar perangkat desa selama tahun 2017 tergolong mengagetkan, karena menembus lebih dari 3.300 orang. Bisa jadi karena sekarang perangkat desa memiliki kesejahteraan lebih baik dibandingkan sebelumnya, kondisi tersebut juga menjadi gambaran banyak pengangguran terdidik di Kabupaten Rembang yang membutuhkan pekerjaan.

“Dari sisi penghasilan tetap, paling tidak sesuai upah minimum kabupaten (UMK). Belum lagi dapat tambahan tunjangan tetap, bengkok maupun jaminan kesehatan. Kemungkinan lain, banyak temen – temen kita di luar butuh pekerjaan. Kemarin yang ikut seleksi juga banyak lulusan sarjana. Ya paling tidak kalau Rembang berdiri perusahaan – perusahaan, mohonlah kiranya memperhatikan masalah ini, “ pungkas Gunari.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Rembang, Gatot Paeran berharap Kepala Desa dapat mengambil peran, untuk mendinginkan suasana masyarakat, yang kemarin sempat menghangat, akibat pro kontra setelah pengumuman seleksi perangkat desa. Jangan sampai munculnya bibit protes, ditanggapi dengan emosi.

“Semua sudah dilantik dan bekerja. Menerima atau menolak, setuju dan tidak setuju adahal hal biasa. Ya semoga pak Kades bisa menyikapi dengan bijak, biar situasi desa tetap kondusif, “ terang Gatot. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *