Flash News
No posts found

Layanan Di Dusun Terpencil, Puskesmas Gunem Terapkan Cara Khusus

Setelah menggelar Puskesmas Keliling, menyempatkan foto bareng dengan latar belakang pabrik semen. (gambar atas) suasana pelayanan Puskesmas Keliling di Dusun Wuni Desa Kajar Kecamatan Gunem.

Setelah menggelar Puskesmas Keliling, menyempatkan foto bareng dengan latar belakang pabrik semen. (gambar atas) suasana pelayanan Puskesmas Keliling di Dusun Wuni Desa Kajar Kecamatan Gunem.

Gunem – Untuk menjangkau Dusun Wuni Desa Kajar Kecamatan Gunem yang terpencil, pihak Puskesmas Gunem menggelar Puskesmas Keliling, agar pelayanan menjadi lebih dekat dengan masyarakat.

Kepala Puskesmas Gunem, Yuwanita Nurhayati mengakui Dusun Wuni termasuk salah satu yang menjadi prioritas, karena berada di puncak perbukitan terjal. Bahkan untuk menuju ke lokasi Dusun Wuni, mobil ambulance harus lewat wilayah Kabupaten Blora dulu.

Alasannya, jika lewat Desa Kajar ke atas, medannya terlalu sulit, dengan kondisi geografis kanan kiri jurang. Puskesmas keliling tersebut dilakukan tiap hari Senin, sebagai bentuk jemput bola melayani masyarakat yang tinggal di daerah pelosok. Ada 2 desa yang dilayani, meliputi Dusun Wuni Desa Kajar dan Desa Pasucen.

“Di dua kampung tersebut kebetulan belum ada Puskesmas Pembantu, kasihan kalau warga di atas turun gunung datang ke Puskesmas Pembantu di Desa Tegaldowo. Seminggu sekali, tepatnya tiap Senin kami datang. Yang saya ingat kalau ke Wuni, selalu spot jantung lihat medan jalannya, “ kata Yuwanita.

Yuwanita menambahkan dalam Puskesmas Keliling, mobil ambulance diisi perawat, bidan dan dokter. Mereka biasanya siaga di rumah perangkat desa setempat. Tak hanya menangani warga yang umumnya sakit batuk pilek dan darah tinggi, tapi tim medis juga melayani KB dan pemeriksaan ibu hamil. Bagi pemegang kartu jaminan kesehatan, tentu layanan semacam itu gratis. Menurutnya, masyarakat senang dengan program Puskesmas Keliling, karena sangat memudahkan.

“Tiap kita ke atas, pelayanan ya seperti Puskesmas pada umumnya. Satu paket lengkap mas. Warga sering sudah nunggu, jadi begitu kami datang, langsung antre berobat. Cara ini dianggap efektif, apalagi kalau pas curah hujan tinggi. Mau turun gunung susah, didatangi dari Puskesmas Gunem,  seneng sekali mereka, “ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kajar Kecamatan Gunem, Sugiyanto membenarkan Dusun Wuni yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora perlu mendapatkan perhatian serius. Ia menyampaikan terima kasih ada Puskesmas Keliling dapat menjangkau masyarakat Wuni yang dihuni 612 orang jiwa. Untuk mempermudah akses, pekerjaan rumah kedepan yang masih harus digarap adalah penataan jalan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *