Flash News
No posts found

Tinjau Lokasi Longsor, Bupati Beri Solusi Untuk Dusun Dresan

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyerahkan bantuan kepada korban longsor di Dusun Dresan Desa Sekarsari Kecamatan Sumber, Senin malam.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyerahkan bantuan kepada korban longsor di Dusun Dresan Desa Sekarsari Kecamatan Sumber, Senin malam.

Sumber – Pemerintah Kabupaten Rembang memastikan siap menata bantaran sungai yang longsor di Dusun Dresan Desa Sekarsari Kecamatan Sumber.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyampaikan masalah tersebut, ketika meninjau lokasi longsor di Dusun Dresan, Senin malam (08/01). Hafidz berjanji akan membangun tebing sepanjang 80 meter, untuk menanggulangi bencana tanah longsor. Pengerjaannya dimulai 4 bulan kedepan, karena perlu perencanaan dan penganggaran.

“Kenapa kita harus bangun tebing, supaya longsor tidak meluas. Kalau sudah tertata di sini, tanah yang ditinggalkan pemiliknya, bisa dimanfaatkan lagi, “ ujar Bupati.

Hafidz menyebutkan sesuai aturan, mestinya pembangunan rumah minimal berjarak 6 meter dari bibir sungai. Tapi pada kenyataannya masih banyak warga melanggar ketentuan tersebut, karena kebetulan lahan yang dimiliki hanya berada di pinggir sungai.

“Pemerintah itu sebenarnya sudah menetapkan bantaran sungai dengan rumah itu mestinya berjarak 6 meter, oleh karena itu saya berharap yang akan-akan ini jangan sampai mendekati bantaran sungai. Paling tidak ada jarak 6 meter,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan Sembako dan uang tunai Rp. 2,5 juta kepada masing-masing kepala keluarga korban longsor. Bantuan akan ditambah lagi Rp. 5 Juta dari dana sosial kemanusiaan melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Rembang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Rembang, Lato’iful Minan mengungkapkan proses penyerahan bantuan dana sosial kemanusiaan harus menunggu persetujuan dari Bupati. Setelah itu korban wajib  membuat rekening Bank Jateng, kemudian bantuan akan dikirim langsung melalui rekening masing-masing.

“Terkait dana bantuan kemanusiaan, kami ada anggaran itu untuk masyarakat yang terkena musibah. Setelah ada disposisi dari Bupati, kami akan verifikasi dan bantuan itu akan masuk ke masing-masing rekening dan itu semua sesuai dengan dispo dari Bupati, jika diminta Rp. 5 juta ya kami akan memberikan Rp. 5 Juta,” beber Minan.

Sebelumnya, Sungai Gunting di Dusun Dresan meluap, gara – gara menerima kiriman air sangat besar dari daerah hulu. Air menggerus bantaran sungai sehingga mengakibatkan 3 unit rumah warga terancam longsor, masing – masing milik Jayus (58 tahun), Rustam (45 tahun) dan Radi (73 tahun). Jayus dan Rustam sekeluarga terpaksa pindah ke lahan milik desa di belakang SD N II Sekarsari. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *