Flash News
No posts found

Tanggapan Dinas Pendidikan, Terkait Bangunan SD Ambruk

Kabid Pembinaan SD, Bambang Irawan meninjau lokasi. (gambar atas) Bangunan yang ambruk di SD N Krikilan Kecamatan Sumber.

Kabid Pembinaan SD, Bambang Irawan meninjau lokasi. (gambar atas) Bangunan yang ambruk di SD N Krikilan Kecamatan Sumber.

Sumber – Pihak SD N Krikilan Kecamatan Sumber menyatakan sudah pernah mengajukan dana rehab bangunan ruang kelas kepada Pemerintah Kabupaten Rembang tahun 2017 lalu.

Anggaran belum disetujui, ternyata lebih dulu ambruk, yakni ruang untuk gudang dan berimbas pada kerusakan kelas I.

Kepala SD N Krikilan I Kecamatan Sumber, Edi Purwanto menjelaskan sebenarnya tanda – tanda kerusakan sudah dicermati cukup lama. Kebetulan penjaga sekolah sudah memberitahu kayu penyangga bangunan mulai menggantung dan lapuk termakan usia. Menurutnya, bangunan roboh bukan karena cuaca buruk. Mengingat tidak ada angin kencang maupun hujan deras.

Soal sampai kapan pemindahan siswa kelas I ke ruang perpustakaan, Edi menambahkan sampai ada perbaikan. Kalau dipaksakan tetap di lokasi semula, justru akan mengancam keselamatan jiwa siswa dan guru yang mengajar. Edi telah melaporkan masalah tersebut kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, agar ditindaklanjuti.

“Jelas nggak memungkinkan kalau ditempati. Meski kelas I itu nggak ambruk, tapi kan satu rangkaian dengan bangunan ambruk. Kami sudah lapor sama dinas terkait. Tinggal nanti bagaimana untuk menangani, “ ujar Edi.

Jum’at pagi (19 Januari 2018), sejumlah pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang mengecek bangunan SD N Krikilan yang ambruk. Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Bambang Irawan menyebutkan pihaknya akan berupaya memperbaiki 2 ruangan. Paling cepat diajukan melalui APBD Perubahan tahun 2018 ini. Berdasarkan estimasi awal, perkiraan 1 ruangan butuh anggaran Rp 60 – 80 Juta.

“Muda – mudahan dalam tahun ini bisa kita perbaiki. Insyaallah pada anggaran perubahan. Yang kelas I itu saya yakin karena imbas dari getaran ruang yang ambrol. Soal anggaran kita maping dulu, SD Krikilan ini kita utamakan. Yang penting keselamatan siswa paling utama, “ tandasnya.

Bangunan yang ambruk di SD N Krikilan I ini sejatinya merupakan bangunan lama, biasa disebut dengan bangunan Inpres. Terakhir kali mendapatkan bantuan rehab tahun 2010 silam. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *