Flash News
No posts found

Tak Melulu Mengajar, Puluhan Guru IPS Cicipi Kegiatan Berbeda

Guru IPS SMP se Kabupaten Rembang saat berada di kawasan vihara Sendangcoyo, Lasem, Minggu siang (11/02).

Guru IPS SMP se Kabupaten Rembang saat berada di kawasan vihara Sendangcoyo, Lasem, Minggu siang (11/02).

Lasem – 60 an orang guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP se Kabupaten Rembang, yang biasanya banyak berkutat dengan kegiatan mengajar di dalam kelas, pada Minggu pagi (11 Februari 2018) mengadakan kegiatan yang tidak seperti biasanya.

Mereka menggelar studi lapangan telusur sejarah, dipusatkan di Vihara Ratanavana Arama Desa Sendangcoyo Kecamatan Lasem.

Ngadiyono, ketua panitia kegiatan mengatakan dipilihnya vihara tersebut, karena lokasinya menarik, berada di puncak perbukitan, sehingga dapat melihat keindahan kota tua Lasem dari atas ketinggian. Selain itu, di dalam vihara terdapat riwayat sejarah sang Budha dari lahir sampai wafat. Para guru tertarik dengan patung Budha tidur berukuran raksasa, serta bangunan mini Candi Borobudur.

“Di vihara ini ada patung Budha tidur, jadi kita nggak perlu jauh – jauh pergi ke Thailand. Banyak patung Budha mengisahkan kehidupannya dari masa ke masa. Apalagi kondisi udara sekitar vihara juga sangat sejuk, “ tuturnya.

Ngadiyono yang bertugas di SMP N 4 Kragan ini menambahkan selama telusur sejarah, pihaknya didampingi oleh sejarahwan Lasem, Ernantoro. Dipaparkan pula masih cukup banyak situs sejarah di Lasem, yang perlu diketahui guru IPS. Kebetulan mata pelajaran IPS memungkinkan seorang guru perlu memahami sejarah. Setelah kegiatan tersebut, ia berharap cakrawala pengetahuan sejarah Lasem yang dimiliki guru semakin bertambah dan dapat diteruskan kepada anak didiknya masing – masing.

“Proses perjalanan dari awal sampai akhir, mas Toro tak hanya menceritakan seluk beluk bangunan di dalam vihara, tetapi juga keberagaman budaya Lasem. Harapan kami guru yang ikut dapat menyampaikan situs sejarah dan khasanah budaya di Lasem, “ imbuh pria warga Desa Dorokandang Kecamatan Lasem ini.

Setelah mengunjungi Vihara Sendangcoyo, kelompok guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP tersebut siap melanjutkan aktivitas Telusur Sejarah, dengan sasaran lokasi lain, yang sekiranya masih relevan untuk bahan pembelajaran di kelas. (MJ – 81).

1 Komentar

  1. ngadiyono

    Terima kasih sdh memuat kegiatan kami, smg kegiatan berlanjut untuk menyusuri sejarah lasem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *