Flash News
No posts found

Ini Dia Rangkaian Kegiatan Sambut Imlek

Aktivitas penjaga Klentheng Poo An Bio Karangturi Lasem menjelang Imlek.

Aktivitas penjaga Klentheng Poo An Bio Karangturi Lasem menjelang Imlek.

Lasem – Puncak perayaan Tahun Baru Imlek di Lasem akan berlangsung Kamis malam, tanggal 15 Februari mendatang. Pihak Klentheng Poo An Bio Desa Karangturi menjadi cukup sibuk belakangan ini, karena pesta perayaan akan dipusatkan di dekat klentheng tersebut.

Penjaga Klentheng Poo An Bio, Kwee Tjie Siang menjelaskan bersih – bersih klentheng secara massal, sudah selesai diadakan tanggal 05 Februari lalu. Sedangkan keseharian menjelang Imlek, sifatnya rutin. Semisal membersihkan lantai, meja dan beragam peralatan di dalam klentheng.

“Waktu tanggal 05 Februari kemarin ya ramai. Umat ke sini, bareng – bareng membersihkan kuningan – kuningan itu, tempat abu, tempat lilin. Lha kalau waktu sekarang, saya sebatas bersih – bersih yang sudah jadi rutinitas. Termasuk menuangkan teh di depan patung dewa dan dewi, tiap hari kalau itu, “ terangnya.

Kwee Tjie Siang menambahkan biasanya kalau perayaan Imlek, kebanyakan diikuti warga Tionghoa di Lasem dan Rembang. Itupun didominasi kaum lanjut usia atau generasi tua. Belakangan ini jarang pendatang dari luar daerah, apalagi generasi muda. Seusai perayaan, nantinya pada tengah malam mendekati tanggal 16 Februari, umat akan menggelar do’a dan sembhayang di klentheng.

“Ya kalau lihat kegiatan tahun kemarin, saya kira cukup klentheng menampung. Kalau sembhayang kan bisa juga bergantian, apabila pas ramai. Lagipula nggak banyak kok yang dari luar daerah, “ imbuh pria yang biasa disapi Siang ini.

Tahun baru Imlek 2569 ini, merupakan tahun anjing. Di sebelah barat Klentheng Poo An Bio tampak tulisan tahun 2018 cukup besar, dengan angka 2 yang dimodifikasi kepala anjing. Anjing adalah shio ke sebelas dari semua hewan zodiak. Bagi warga Tionghoa, tahun anjing diartikan sebagai loyalitas. Mereka tidak akan meninggalkan teman, keluarga maupun pekerjaan. Tahun anjing juga dipercaya memuncukan kebiasaan membantu orang lain menemukan dan memperbaiki kebiasaan buruk. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *