Flash News
No posts found

Mutasi Perangkat Desa Rawan, Polisi Turun Tangan Menenangkan

Kapolsek Rembang Kota, AKP Haryanto menyampaikan pesan – pesan Kamtibmas, ketika berlangsung pengumunan mutasi seorang perangkat desa di Desa Ngadem, Rabu malam.

Kapolsek Rembang Kota, AKP Haryanto menyampaikan pesan – pesan Kamtibmas, ketika berlangsung pengumunan mutasi seorang perangkat desa di Desa Ngadem, Rabu malam.

Rembang – Karena rawan, aparat Polsek Rembang Kota turun langsung memantau jalannya pengumuman mutasi seorang perangkat desa di Desa Ngadem Kecamatan Rembang Kota, Rabu malam (28/02).

Kepala Desa Ngadem, Darsono membacakan surat keputusan bahwa Kaur Kesra Desa Ngadem, Rondim digeser menjadi staf Sekretaris Desa, karena sejumlah alasan. Di Balai Desa Ngadem tidak hanya tokoh agama dan tokoh masyarakat yang hadir. Tampak pula keluarga dari Kasi Kesra juga turut datang, mereka memprotes mutasi tersebut.

Kapolsek Rembang Kota, AKP Haryanto menjelaskan pihaknya berupaya meredakan situasi, agar masing – masing pihak tidak mengerahkan massa, yang berujung pada kerawanan keamanan desa. Ia mendorong proses mutasi dapat diselesaikan baik – baik. Kebetulan dalam forum itu, Kasi Kesra merasa keberatan dan sempat menyampaikan akan menempuh upaya hukum.

“Intinya setiap permasalahan, antara pak Kepala Desa dan Kaur Kesra dapat diselesaikan, kemudian tidak mengundang kerawanan baru. Keamanan dan ketertiban di desa menjadi fokus perhatian kepolisian, “ ujar Kapolsek.

AKP Haryanto menambahkan sampai akhir pertemuan, situasi tetap terkendali. Tidak sampai terjadi aksi anarkhis. Baginya tak masalah apabila muncul gugatan, karena masih dalam batasan koridor hukum. Yang penting situasi desa aman dan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Kedua belah pihak meyakini punya pendapat yang kuat. Kalau diteruskan ke ranah hukum, akan dikupas. Ada kesalahan atas putusan itu atau tidak ? Polisi tak mencampuri masalah itu. Tetapi kalau ada gangguan keamanan, baru kami bertindak, “ imbuhnya.

Mengacu Peraturan Bupati No. 16 Tahun 2017, mutasi atau pergeseran posisi perangkat desa diperbolehkan. Asalkan memenuhi ketentuan, seperti harus memperhitungkan kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersangkutan, sehingga dapat melaksanakan tugas pada jabatan baru. Seorang Kepala Urusan (Kaur) dapat dimutasi ke jabatan Kepala Urusan, Kepala Seksi atau Kepala Dusun. Kaur juga bisa dimutasi menjadi Sekretaris Desa, melalui seleksi jabatan oleh Kepala Desa.

Mutasi jabatan perangkat desa ditetapkan melalui surat keputusan kepala desa, setelah bermusyawarah dengan BPD dan mendapatkan rekomendasi dari camat. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *