Flash News
No posts found

Jurus Jitu Pemkab Rembang, Menata Distribusi Gas Bersubsidi

Pejabat Pemkab Rembang memantau penyaluran gas elpiji 3 Kg di pangkalan, belum lama ini.

Pejabat Pemkab Rembang memantau penyaluran gas elpiji 3 Kg di pangkalan, belum lama ini.

Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang mengepras gas elpiji bersubsidi 3 Kg untuk pangkalan yang dianggap mendapatkan jatah terlalu banyak. Hasil pengeprasan tersebut, kemudian dialihkan ke pangkalan – pangkalan baru, sebagai bentuk pemerataan.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menargetkan setiap desa ada 1 pangkalan gas elpiji 3 Kg. Bagi desa yang tingkat kemiskinannya tinggi, diupayakan mempunyai 2 pangkalan.

Ia menganggap jalur distribusi gas bersubsidi selama ini terlalu timpang, karena pangkalan belum merata. Akibatnya, harga di pelosok pedesaan menjadi semakin mahal. Maka Pemerintah Kabupaten berinisiatif melakukan penataan, sehingga desa di puncak gunung pun, harus memiliki pangkalan.

“Distribusi gas elpiji bersubsidi perlu dibenahi. Dari sisi pemerataan, nggak merata. Dari sisi harga, juga nggak sesuai. Penataan yang berjalan ini, kita kondisikan 1 desa 1 pangkalan, biar nantinya lebih baik. Lha jatahnya dari mana ketika pangkalan baru. Kemarin pangkalan yang dapat ribuan tabung, kita potong, lalu kita alihkan, “ bebernya.

Abdul Hafidz meminta kepada agen dan pangkalan menyesuaikan dengan kebijakan penataan tersebut. Kebetulan setelah pemerataan pangkalan, agen harus bekerja keras menyuplai gas sampai ke desa pelosok. Ia berharap nantinya angka penyimpangan dapat ditekan, sehingga gas bersubsidi lebih tepat sasaran ke keluarga miskin maupun sektor usaha kecil.

“Ya toko – toko yang semula dapat jatah banyak, harus mau berbagi. Soalnya kuota penambahan kan hanya pas menjelang hari raya dan tahun baru saja. Kalau ini diselewengkan sedikit saja, maka akan mengacaukan semuanya. Apalagi kalau distribusinya tersentral, pasti rawan, “ tambah Hafidz.

Dari hasil pendataan terakhir, mayoritas desa di Kabupaten Rembang saat ini sudah mempunyai pangkalan. Tinggal tersisa 50 an desa yang belum, sementara masih dalam proses.

Sebelumnya, kuota gas elpiji 3 Kg yang disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Rembang, mencapai hampir 400 ribu tabung setiap bulan. (MJ – 81).

1 Komentar

  1. konveksi di yogyakarta

    Bupati Rembang, Abdul Hafidz memang panutan bupati lain untuk sistem penataan LPG bikin kaos jogja murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *