Flash News
No posts found

KPU Rembang Sampaikan Masalah PBB & 1 Partai Belum Punya Pengurus

Ketua KPU Kabupaten Rembang, Minanus Su’ud.

Ketua KPU Kabupaten Rembang, Minanus Su’ud.

Rembang – Partai Bulan Bintang (PBB) yang sempat dinyatakan gagal menjadi peserta Pemilu, akhirnya setelah melalui sidang gugatan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan PBB memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2019. Keputusan tersebut, tentu akan berdampak terhadap peta politik di tingkat daerah.

Menanggapi masalah itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang, Minanus Su’ud menyatakan saat verifikasi PBB yang berkantor di Desa Tireman, Rembang, secara kelembagaan, keanggotaan dan kepengurusan di Kabupaten Rembang tidak ada masalah. Kalau kemudian tidak diloloskan oleh KPU Pusat, karena mempertimbangkan hasil verifikasi di daerah lain.

Begitu Bawaslu memutuskan PBB bisa ikut Pemilu 2019, KPU Kabupaten Rembang tinggal menunggu surat edaran dari KPU Pusat, langkah – langkah seperti apa yang akan ditempuh selanjutnya.

“Waktu verfikasi PBB di Rembang, sudah beres syaratnya, nggak ada masalah. Ketuanya pak Musta’in Tireman dan Sekretariatnya juga berada di Desa Tireman. Soal bisa ikut Pemilu 2019, kita tunggu saja surat dari pusat. KPU di daerah siap menindaklanjuti, “ tuturnya.

Su’ud menambahkan dari sejumlah partai politik baru, seperti Partai Perindo, Garuda, Berkarya dan PSI, hanya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang belum membentuk kepengurusan di Kabupaten Rembang, meskipun di tingkat nasional, partai tersebut sudah dinyatakan lolos ikut Pemilu 2019. Pihaknya nanti akan mendorong agar pengurus PSI, juga ada di Kabupaten Rembang.

“Hanya PSI yang belum memiliki pengurus di Kabupaten Rembang. Coba nanti kami dorong agar pengurus PSI Provinsi membentuk di sini. Biar kalau ada sesuatu, KPU sebagai penyelenggara di tingkat daerah, enak koordinasinya, “ imbuh Su’ud.

Sebelumnya, KPU Pusat pada tanggal 17 Februari 2018 lalu mengumumkan 14 partai politik peserta Pemilu 2019. Sesuai nomor urut 1 PKB, 2 Gerindra, 3 PDI Perjuangan, 4 Golkar, 5 Nasdem, 6 Garuda, 7 Berkarya, 8 PKS, 9 Perindo, 10 PPP, 11 PSI, 12 PAN, 13 Hanura dan nomor urut 14 Demokrat. Belakangan tambah 1 lagi PBB, sehingga menjadi 15 partai politik yang akan bertarung memperebutkan suara pada pesta demokrasi tahun depan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *