Flash News
No posts found

Ditanya Warga Atau LSM, Begini Arahan Bupati Untuk Penerima Hibah

Sosialisasi penerima dana hibah di Pendopo Museum Kartini, Kamis (08/03).

Sosialisasi penerima dana hibah di Pendopo Museum Kartini, Kamis (08/03).

Rembang – Penerima dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) di Kabupaten Rembang, diminta lebih terbuka dalam pengelolaan bantuan tersebut. Kalau ada yang bertanya, baik perorangan maupun lembaga, pihak penerima harus mau menjelaskan.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyampaikan hal itu ketika sosialisasi penyaluran dana hibah dan Bansos di Pendopo Museum Kartini, Kamis (08 Maret 2018). Menurutnya, sikap transparan penting, supaya tidak menimbulkan fitnah. Ia memastikan dana sudah siap. Mengenai waktu pencairan, tergantung kesiapan berkas persyaratan dari calon penerima.

“Jadi nanti tergantung bapak ibu, mau cepat atau lama terserah panjenengan, uang sudah siap. Ingat, siapa saja boleh tahu berapa jumlah dan dipakai untuk apa saja. Misalnya ada LSM tanya, ya dijawab saja apa adanya. Jangan ada yang ditutup – tutupi,” tuturnya.

Bupati membenarkan nominal rupiah yang diterima antara satu sama lain berbeda – beda. Meski demikian jangan dibanding – bandingkan, karena Pemkab harus menyesuaikan dengan permohonan proposal dan ketersediaan anggaran. Lebih lanjut Hafidz menekankan agar dana digunakan sesuai perencanaan.

Sementara itu, Asisten II Setda Rembang yang membidangi Ekonomi & Pembangunan, Abdullah Zawawi dalam laporannya mengungkapkan ada 443 penerima bantuan hibah & Bansos, tersebar di 14 Kecamatan. Totalnya mencapai Rp. 20 miliar lebih. Ia menegaskan dana tidak akan dipotong sedikitpun.

“Dana nanti langsung masuk ke rekening penerima. Makanya bagi yang belum membuat rekening Bank Jateng, kami mohon secepatnya. Begitu jadi, serahkan sama Bagian Kesra, biar cepat diproses. Jangan seperti tahun lalu, buatnya rekening terlambat dan menyulitkan kita, “ ujar Zawawi.

Abdullah Zawawi menambahkan terkait pengawasan, Inspektorat akan mengecek peruntukan dana hibah dan bantuan sosial. Selain itu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga akan menerapkan langkah serupa. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *