Flash News
No posts found

Berpindah – Pindah, Ini Lokasi Yang Paling Ideal Untuk Latihan Dayung

Atlet dayung giat berlatih di Embung Rowosetro Rembang.

Atlet dayung giat berlatih di Embung Rowosetro Rembang.

Rembang – Atlet cabang olahraga dayung di Kabupaten Rembang terpaksa berpindah – pindah tempat latihan, karena sejumlah faktor.

Awalnya, atlet dayung berlatih di alur sungai Karanggeneng, Rembang, kemudian bergeser ke Embung Rowosetro sebelah timur Desa Tireman. Kala itu embung sempat menyusut airnya, sehingga latihan dipindahkan menuju Embung Sudo, Sulang. Belakangan, para atlet memusatkan latihan di Embung Rowosetro lagi.

Muhaiminan, salah satu atlet dayung di Rembang mengatakan dipilihnya Embung Rowosetro, karena alasan dekat dengan pusat kota.

“Kita di sini latihan fisik juga, nggak hanya sekedar ndayung. Yang membuat was – was, Embung Rowosetro kan airnya juga disedot sama petani untuk tanaman. Kalau debet air menyusut, menghambat laju perahu juga ketika pas latihan, “ tuturnya.

Muhaiminan menimpali sebenarnya lokasi paling ideal untuk olahraga dayung adalah Embung Sudo, karena berbentuk huruf U, air berlimpah dan memiliki track yang memadai. Kalau disesuaikan dengan nomor lomba dayung, kondisi Embung Sudo seperti tempat – tempat perlombaan pada umumnya.

Kenapa tidak memilih Embung Sudo saja ? pria warga Kelurahan Magersari, Rembang ini beralasan semata – mata karena mempertimbangkan jaraknya lumayan jauh, membuat ongkos transport membengkak.

“Di Rowosetro track yang bisa digunakan antara 300 – 400 Meter. Sedangkan lomba, nomornya 200 Meter, 500 Meter dan 1.000 Meter. Lha yang kita optimalkan sekarang adalah nomor 500 M dan 1.000 Meter, untuk 200 Meter kita nggak ikut, karena pesaingnya di Jawa Tengah sangat ketat, “ imbuhnya.

Saat ini, hampir 10 orang atlet dayung rutin menggelar latihan di Embung Rowosetro. Hanya beberapa personel yang rencananya akan membela Kabupaten Rembang dalam pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah, bulan Oktober 2018 di Surakarta. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *