Flash News
No posts found

Bencana Melanda, Banjir Hingga Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Rumah warga tertimpa pohon waru. (gambar atas) Banjir melanda permukiman di Dusun Lambang Desa Dadapmulyo Kecamatan Sarang, Senin pagi.

Rumah warga tertimpa pohon waru. (gambar atas) Banjir melanda permukiman di Dusun Lambang Desa Dadapmulyo Kecamatan Sarang, Senin pagi.

Sarang – Hujan deras disertai angin melanda sejumlah dusun di Desa Dadapmulyo Kecamatan Sarang, Senin (12 Maret 2018) sekira pukul 04.30 sampai dengan pukul 06.30 WIB. Akibatnya, ada 5 unit rumah terendam banjir dan 1 rumah rusak tertimpa pohon.

Kepala Desa Dadapmulyo, Wahib menceritakan selama dua jam, hujan memang sangat deras. Air dari sungai maupun lahan persawahan meluap, kemudian masuk ke permukiman penduduk. Dari 5 rumah yang kebanjiran, kondisi paling parah terjadi di rumah Suyono, Dusun Lambang Desa Dadapmulyo, karena ketinggian air mendekati 1 Meter.

Warga tidak sampai mengungsi, tetapi aktivitas keseharian menjadi terganggu. Warga memilih menguras air dengan peralatan seadanya, supaya banjir di dalam rumah cepat surut.

“Air dari sawah memang besar sekali mas, arusnya juga deras kok. Rumah kan dekat dengan sawah. Dapur pun ikut kebanjiran, jadi warga ya nggak bisa masak tadi, cuman sekarang air sudah jauh berkurang,“ ungkapnya.

Wahib menambahkan khusus 1 rumah yang tertimpa pohon waru adalah milik Sumari, di Dusun Dabong Desa Dadapmulyo. Pohon ambruk mengenai atap rumah bagian timur. Masyarakat pun langsung bahu membahu, untuk menyingkirkan pohon tersebut.

“Rumah nggak rusak total, tapi pada bagian sisi timur saja. Tadi setelah kita dokumentasikan, warga bergotong royong membersihkan ranting – ranting pohon sama mengganti genteng, “ imbuh Kades.

Menurutnya, kawasan Dusun Lambang dan Dusun Dabong termasuk rawan bencana banjir tiap curah hujan tinggi. Pihak desa sudah memetakan, seraya akan mengupayakan penataan saluran air. Jika pembuangan air sudah memadai, ia memperkirakan dampak banjir dapat ditekan. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *