Flash News
No posts found

Potensi Terpendam, Untuk Memperkuat Wisata Rembang Selatan

Salah satu potret lingkungan di Dusun Ngotoko Desa Pasedan Kecamatan Bulu. Dusun ini layak menjadi pusat pengembangan buah – buahan.

Salah satu potret lingkungan di Dusun Ngotoko Desa Pasedan Kecamatan Bulu. Dusun ini layak menjadi pusat pengembangan buah – buahan.

Bulu – Dusun Ngotoko Desa Pasedan Kecamatan Bulu, layak menjadi kawasan agrowisata. Namun sayangnya potensi lahan yang luas belum dioptimalkan.

Kepala Desa Pasedan Kecamatan Bulu, Kusman mengungkapkan pada tahun 2015 lalu, pihak desa menggelontorkan dana desa sebesar Rp 30 Juta, untuk pengembangan buah – buahan. Salah satunya jenis durian, agar penanaman bisa diperbanyak di lahan sekitar Dusun Ngotoko, yang sebagian berstatus kawasan Perhutani. Kebetulan durian Ngotoko baru saja selesai panen. Hasil panen ternyata mendapatkan respon positif di kalangan konsumen, karena buahnya memiliki rasa yang legit dan nikmat.

Kedepan, pihaknya ingin Dusun Ngotoko yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Blora itu, mampu lebih berkembang menjadi pusat buah – buahan.

“Di sana kan ada matoa, alpukat dan durian. Kemarin durian per buahnya bisa laku Rp 50 Ribu. Buahnya memang kecil, tapi isinya banyak dan enak tentu saja. Bibit durian perlu ditambah, kabarnya dinas terkait siap ngasih bantuan, ya kita tunggu saja, “ ujarnya.

Kusman menambahkan di Kecamatan Bulu memiliki potensi wisata pemandian Mantingan, makam RA. Kartini, kemudian pusat kerajinan akar kayu jati, didukung pula potensi buah – buahan berlimpah, menurutnya bisa menjadi kombinasi paket wisata unggulan.

“Wisata religi ada, buah ada. Harapan kita digabungkan jadi satu, nanti ada kerja sama antar desa. Insyallah dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, “ imbuh Kusman.

Lalu apa yang menjadi kendala ? Salah satunya akses jalan. Ia mencontohkan jalan dari Desa Pasedan menuju Dusun Ngotoko sangat jelek dan terjal, sehingga membuat warga enggan datang ke sana. Informasi yang diterima pihak Desa Pasedan, rencananya ruas jalan itu akan mendapatkan bantuan penataan, melalui program TMMD Kodim Rembang tahun 2018. (MJ – 81).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *