Flash News
No posts found

Tembus Ke Jepang, Dari Jawa Tengah Hanya 2 Pelajar

Adliyan Rizky Pratama (tengah), siswa SMA N II Rembang yang akan mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang. (facebook).

Adliyan Rizky Pratama (tengah), siswa SMA N II Rembang yang akan mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang. (facebook).

Rembang  – Seorang pelajar SMA N II Rembang berhasil lolos seleksi, dalam program pertukaran pelajar ke Jepang, yang bertajuk Sakura Exchange Program In Science.

Pelajar tersebut yakni Adliyan Rizky Pratama, kelas X MIPA 4, beralamat di Jl. Pesantren No. 07 Kelurahan Kutoharjo, Rembang.

Kepala SMA N II Rembang, Sumarno ketika dikonfirmasi membenarkan salah satu siswanya ikut pertukaran pelajar di Jepang. Kebetulan baru kali ini ada pelajar SMA N II Rembang mencoba seleksi yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Ternyata Adliyan lolos, meskipun persaingan sangat ketat. Mengingat banyak sekali peserta dari berbagai sekolah di Indonesia. Nantinya Adliyan akan berada di Jepang selama seminggu, mulai tanggal 08 April mendatang.

“Dari pusat itu yang mengadakan, ya bangga ada siswa kami lolos seleksi. Yang ikut banyak soalnya. Tapi nggak lama kok, di sana kira – kira seminggu, “ jelasnya.

Sumarno menambahkan selama di Jepang, akan mendalami masalah ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Ia berpesan kepada siswanya tersebut memanfaatkan waktu sebaik mungkin di Negeri Sakura, sehingga ketika kembali ke tanah air, pengalamannya dapat bermanfaat, terkhusus bagi kemajuan di SMA N II Rembang.

Paling tidak setelah ada pelajar berhasil menembus program pertukaran pelajar keluar negeri, diharapkan siswa lainnya ikut tergugah.

“Ya terus terang bisa menambah sekolah lebih bergengsi. Setelah ada yang lolos, kemungkinan periode tahun berikutnya yang ikut seleksi, akan semakin banyak. Mulai sekarang disiapkan kemahiran berbahasa asing. Semoga program tersebut mendatangkan manfaat, untuk membuka cakrawala pengalaman anak didik, “ tandas Sumarno.

Adliyan berangkat ke Jepang tidak sendiri. Ia bersama dengan 13 pelajar SMA sederajat dari sejumlah daerah. Kalau dari Jawa Tengah, kebetulan hanya 2 orang, Adliyan dan Almas Dhiyani Lumintang, siswi SMA N I Solo. Sedangkan pelajar lainnya dari Jakarta, Tangerang – Banten, Depok dan Bogor Jawa Barat, serta Lampung. (MJ – 81).

1 Komentar

  1. Seno Wibowo

    Teman SD gwe tu.. Mantap jiwa👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *